8 Cara & Tips Mudah Meningkatkan IQ anda

Memiliki IQ (Intelligence Quotient) adalah impian semua orang. Banyak orang bermimpi menjadi pintar, tapi mereka masih bingung cara meningkatkan IQ mereka. Silahkan simak beberapa tips berikut ini tentang cara meningkatkan IQ anda.

1. Miliki Motivasi Yang tepat

Semua orang berpotensi menjadi pintar, tapi tak semua orang memiliki semangat pantang menyerah untuk terus giat dalam belajar. Untuk itu pertama-tama kita memerlukan motivasi dahsyat sehingga kita mampu belajar dengan sangat giat.

2. Kenali gaya belajar, mampu meningkatkan IQ.


Tiap-tiap orang memiliki cara belajar efektif yang berbeda-beda. Ada yang gaya belajarnya melalui membaca, ada yang mendengar, praktek langsung ataupun melalui perenungan.

Mengetahui gaya belajar yang cocok bagi anda akan menjadi penentu kualitas IQ anda. Proses pembelajaran anda akan sangat menyenangkan jika anda menerapkan gaya belajar anda.

3. Perbanyak membaca Buku


Buku adalah sumber pengetahuan yang melimpah. Dengan rutin membaca buku, anda menjamin melimpahnya pengetahuan anda. Tentu saja sebelumnya anda harus membiasakan diri anda dengan buku.

Dijaman sekarang anda tidak perlu terpaku pada sebuah buku, anda bisa memualinya dengan artikel-artikel pendek yang bertebaran di internet.

4. Jaga Nutrisi makanan anda


Makanan anda akan sangat menentukan IQ anda. Hal ini dikarenankan otak anda juga sama dengan tubuh anda, ia memerlukan nutrisi bermutu. Pilihlah makanan-makanan khusus yang terbukti dapat meningkatkan IQ.

5. Olahraga secara teratur.


IQ memang berbicara tentang otak. Tapi agar otak tersebut bergerak lancar, terlebih dahulu anda harus menggerakkan otot anda. Hal ini karena dengan berolahraga kesehatan otak anda menjadi lebih segar.

Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa olahraga secara teratus akan menjadikan kita lebih mudah mengingat sesuatu.

6. Jadikan pikiran anda tetap tenang.


Stres dapat menjadikan IQ anda berkurang. Jika anda masih dalam proses pembelajaran Stres akan sangat menghambat perkembangan IQ anda. Diperlukan pikiran tenang untuk melatih otak dalam berfikir.

7. Bermainlah


Sebenarnya semua permainan mampu meningkatkan IQ. Hal itu terjadi jika kita memfokuskan pikiran kita untuk melatih pikiran disetiap pikiran. Dalam hal ini kami sarankan memainkan GAME-game mengasah pikiran seperti soduku, rubik, tekateki silang, ataupun game-geme bergenre strategi.

8. Pelajari teknik-teknik Khusus Tentang Pikiran


Sekarang ini telah ditemukan metode-metode bagus dalam meningkatkan IQ. anda bisa mempraktekkan teknik MindMap, Mnemonik, Teknik berfikir Kreatif, dll. Metode-metode tadi akan membuat otak anda lebih bekerja dengan lebih luas.

Semoga beberapa tips sederhana ini dapat memberi anda inspirasi tentang cara meningkatkan IQ anda. Semoga sukses.




Baca Juga Artikel Ini