8 Cara & Tips Melakukan Komunikasi yang efektif

Komunikasi akan menentukan hasil yang bisa anda raih. Baik itu kehidupan keluarga, bisnis, asmara, persahabatan komunikasi yang baik akan selalu dibutuhkan. Dan komunikasi yang buruk akan selalu menjadi awal dari sebuah permasalahan. Berikut adalah beberapa cara menjalin komunikasi yang baik.

1. Berkomunikasi dengan cara yang sopan


Sopan adalah teknik komunikasi paling dasar, tapi memberikan efek luar biasa. sebelum kita membicarakan teknik-teknik lanjutan yang terkadang rumit, terlebih dahulu bekali diri anda dengan cara berbicara yang sopan. Dengan memiliki hal ini saja, anda sudah bisa digolongkan komunikator yang baik.

2. Hayati apa yang mereka katakan.


Menghayati dalam artian mengerti apa yang lawan bicara anda katakan. Saat anda tertarik dengan apa yang lawan bicara anda katakan, mereka juga akan lebih tertarik dengan apa-apa yang anda katakan.

3. Komunikasi dengan senyuman.


Sebuah senyuman dapat memberikan ribuan pesan-pesan menarik. Tersenyumlah saat anda atau mereka membicarakan hal-hal bahagia. hal ini akan menambah ketertarikan lawan bicara anda.

4. pahami kondisi


Jika kondisinya tepat untuk tertawa, maka ucapkanlah perkataan yang lucu. Jika kondisinya menuntut hal serius, maka berikanlah perkataan yang lebih serius. Intinya adalah mengetahui kapan harus bercanda dan kapan harus serius.

5. Berikan sesuatu yang bermanfaat.


Berikanlah sebuah solusi, atau berikanlah sebuah inspirasi kepada lawan bicara anda. Jika anda tidak bisa melakukannya cukup perhatikan perkataan mereka dengan penuh antusias. Perhatian antusias adalah salah satu hadiah indah yang anda berikan pada lawan komunikasi anda.

6. jadilah bersahabat.


Ciptakanlah suasana bahwa anda ingin bersahabat dengan mereka. Dengan demikian mereka juga akan menampilkan perasaan bersahabat. Pada akhirnya mereka akan lebih terbuka, dan lebih tertarik pada apa yang akan anda bicarakan.

7. jangan menggurui.


Meskipun anda lebih pintar, jangan terlalu memperlihatkan sifat menggurui. Karena hal ini akan membuat lawan bicara anda merasa kecil, dan disepelehkan. Pada akhirnya mereka akan lebih tertutup, dan tidak mengeluarkan hal-hal terbaik yang ingin disampaikannya.

8. ucapkan hal yang menarik


Ibaratnya sedang berbelanja, para pembeli hanya akan membeli barang-barang yang bermutu. Jika yang anda sampaikan adalah hal-hal tak bermutu, maka mereka akan cuek. Dan sampaikan hal yang menarik, mereka akan menyaksikan dengan sangat serius.


Baca Juga Artikel Ini